Tentang Konveksi Tas di Indonesia

Tentang Konveksi Tas di Indonesia

Konveksi merupakan industri yang melakukan produksi suatu produk secara masal. Kegiatan masal ini bisa berskala kecil contohnya konveksi dalam rumah tangga saja ataupun pada suatu perusahaan besar. Jenis industri ini bisa memproduksi berbagai produk seperti konveksi tas, baju, celana, training, kemeja, dan lain sebagainya.

Biasanya sebuah konveksi memiliki lebih dari dua puluh mesin jahit sebagai alat penunjang pekerjaannya. Kehadiran konveksi menunjang berkembangnya industri di Indonesia, selain membantu perkembangan perekonomiannya, bisnis konveksi mampu membuat Indonesia terkenal dengan memenuhi pasar lokal maupun internasional dengan produk yang dihasilkan.

Konveksi Tas Bandung
Konveksi Tas Bandung

Konveksi juga bisa menerima pesanan bukan hanya memenuhi kebutuhan pasar lokal atau internasional semata. Hal ini disebabkan karena konveksi berbentuk industri maklun, yaitu sebuah proses pengerjaan dari pabrik garmen pada pembuatan produk yang memiliki skala besar untuk di ekspor ataupun memenuhi pesanan konsumen.

Pada penggunaan kata konveksi ini biasanya terjadi kekeliruan, kata yang benar adalah konfeksi. Namun terlepas apapun cara penggunaan katanya, konveksi tetaplah sebuah produk industri yang bisa menguntungkan baik dari pelaku bisnisnya sendiri ataupun pemesannya.

Konveksi juga merupakan tempat produk yang berkaitan dengan keperluan sandan masyarakat ataupun berupa pakaian. Pembuatan merchandise dalam jumlah yang banyak juga merupakan hasil dari konveksi. Jika sebutan modernnya, kegiatan produksi ini sangat berkaitan dengan produk fashion dengan skala ataupun kuantitas tertentu.

Konveksi Tas
Konveksi Tas

Nah, dengan berkembangnya zaman perusahaan konveksi kini bisa melebarkan sayapnya dengan kemudahan promosinya hingga bisa dikenal banyak orang. Banyak perusahaan konveksi yang membuka jasanya di dunia maya. Hingga menghasilkan pemesan dari berbagai daerah bahkan negara.

Konveksi juga biasanya berkaitan erat dengan jahit menjahit, sablon, dan lain sebagainya. Seragam yang digunakan oleh berbagai perusahaan biasanya merupakan hasil dari produksi konveksi. Kuantitas dari konveksi ini biasanya memproduksi satu lusin atau setara dengan dua belas buah barang hasil produksi. Konveksi juga bisa memproduksi lebih dari sepuluh ribu pcs.

Jumlah produksi diatas biasanya hanya dilakukan oleh jenis konveksi garmen. Ada beberapa perbedaan tempat produksi jika ditinjau dari jumlah kuantitasnya. Perbedaan ini akan memudahkan anda untuk memilih tujuan pemesanan sesuai dengan kebutuhannya.

1. Produksi rumahan

Produksi rumahan biasanya diproduksi oleh penduduk setempat hasil dari pemekaran usaha daerah ataupun program PKK dan koperasi. Jenis produksi ini memiliki jumlah kuantitas yang berjumlah sedikit dengan bantuan alat jahit yang kualitasnya standar dan bantuan tenaga kerja dari tetangga.

2. Konveksi

Konveksi memiliki jumlah kuantitas produksi sebanyak dua belas sampai sepuluh ribu pcs, terantun pemesanannya. Alat penunjangnya lengkap sesuai dengan jenis konveksi yang diproduksinya. Biasanya alat yang digunakan adalah mesin jahit, kam, mesin press, obras, rantai, dan lain sebagainya.

3. Garmen

Garmen merupakan tempat produksi yang bisa menghasilkan lebih dari sepuluh ribu pcs. Biasanya dalam garmen semuanya telah tersusun dengan rapi, dimulai dari alat yang lengkap, karyawan dengan keahlian yang sesuai dan upahnya sesuai dengan UMR, serta hal-hal yang bersangkutan dengan pelegalan izin dan sebagainya.

Seperti yang telah anda ketahui sebelumnya, banyak orang yang telah mendirikan perusahaan industri konveksi. Pengusaha tersebut banyak mendirikan perusahaannya di kota-kota besar contohnya di Jakarta, Tangerang, Bandung, dan lain sebagainya. Biasanya tujuan untuk mendirikan konveksi di daerah tersebut adalah untuk memudahkan proses mobilisasi konveksi tersebut.

Perusahaan konveksi selalu siap dengan model dan bahan terbaru yang sedang dibutuhkan oleh konsumen. Hal tersebut telah diatur budgetnya sedemikian rupa untuk memenuhi kebutuhan para konsumen. Pada zaman sekarang banyak konsumen yang berasal dari investor asing sehingga mereka bisa menanamkan modal diperusahaan konveksi tersebut.

Konveksi juga bukan hanya dalam produk-produk baju semata, tapi kini melebar ke berbagai ranah. Contohnya konveksi tas yang beragam dan kebutuhannya sangat meningkat. Konveksi tas juga bisa anda temukan di konveksitas.net untuk menjadi tambahan referensi. Tas adalah barang yang banyak dicari oleh masyarakat karena kegunaannya. Tas juga memiliki sejarah perkembangannya, loh.

Perkembangan Konveksi Tas

Tas merupakan wadah yang tertutup serta bisa dibawa kemanapun dan kapanpun. Bahan untuk membuat tas adalah plastik, kain, kulit dan lain-lain. Tas biasanya dapat mewadahi barang-barang, sehingga menjadi satu barang yang dibawa karena terhimpun oleh tas. Tas ada berbagai jenisnya, ada ransel, koper, selendang, dan lain sebagainya.

Tas sendiri memiliki sejarah yang tidak rumit. Dimulai dari kebutuhan manusia ketika membawa barang berukuran kecil dan banyak, maka dibutuhkan kanton untuk mewadahi semua barangnya. Pada awalnya tas hanya berbahan kulit dan berbagai serat dari tumbuhan serta hewan. Namun  dalam perkembangannya tas kini didasari bahan baku yang sangat beragam.

Tas juga menjadi salah satu produk untuk konveksi yang menghasilkan banyak keuntungan. Semua masyarakat di dunia termasuk Indonesia membutuhkan tas dan menghabiskan uangnya untuk membeli barang tersebut. Hal ini bisa menjadi peluang pengusaha konveksi untuk menjadikan tas sebagai produk utama.

Seiring dengan perkembangan zaman industri konveksi di Indonesia pun berkembang mengikuti zamannya dan melebarkan sayapnya. Hal ini ditandai dengan produk konveksi baru yaitu tas. Konveksi juga sering melakukan iklan di media cetak maupun di dunia elektronik, tentunya hal ini bertujuan untuk menyebarkan informasi kepada masyarakat bahwa konveksi siap menerima pesanan.

Seperti yang telah dipaparkan diatas bahwa perusahaan konveksi banyak yang dibangun di kota besar, namun ternyata sekarang banyak perusahaan konveksi yang hadir diberbagai daerah. Pembacaan terhadap pendirian perusahaan di kota besar tentunya merupakan anggapan yang tepat karena beberapa alasan menguntungkan.

Konveksi tas kini bisa ditemukan diberbagai daerah maupun di kota-kota besar. Jika anda ingin mempermudah mobilisasi dalam memesan konveksi tersebut, anda bisa cek konveksitas.net yang menyajikan berbagai jenis tas untuk bermacam-macam keperluan

Konveksi tas sendiri perkembangannya cukup pesat, karena masyarakat di Indonesia cenderung memiliki pribadi yang konsumtif. Hal ini membuat pesanan tas pada bisnis konveksi semakin meningkat kebutuhannya. Jika anda ingin memulai bisnis konveksi namun tidak memiliki modal, anda bisa membuka diri untuk menjadi perantara pertama antara konsumen dan produsen.

Jenis-Jenis Tas Konveksi

Konveksi tas telah mengikuti perkembangannya sehingga produk ini memiliki banyak model dengan didasari berbagai material serta bahan yang telah disesuaikan. Terlepas itu bahan dan materialnya, tas tetaplah menjadi produk yang dibutuhkan oleh masyarakat. Berikut ini adalah jenis tas yang biasa diproduksi oleh perusahaan konveksi.

1. Goodie Bag

Tas konveksi jenis ini biasanya sering hadir pada acara seminar ataupun lainnya. Jika anda pernah mengikuti kegiatan seminar pasti merasa familiar dengan tas ini. Biasanya tas ini diberikan ketika awal registrasi dengan berbagai aksesoris lainnya seperti noteblock serta pulpen. Tas jenis ini biasa diproduksi oleh konveksi dalam jumlah banyak.

Tas Goodie Bag
Tas Goodie Bag

Bahan dari jenis tas juga beragam biasanya yang sering digunakan adalah bahan kanvas. Anda bisa memesan tas jenis ini di Jakarta, Bandung, dan Yogyajakarta karena tempat tersebut dikenal dengan menghasilkan produk yang bagus konveksitasbandung.co.id bisa menjadi salah satu pilihan anda karena menyajikan berbagai konveksi tas yang berkualitas.

2. Tas Tangan

Tas tangan juga biasanya sering menjadi barang yang hadir ketika seminar. Jenis tas ini sebesar map dan kebanyakan berbahan plastik yang disertai dengan sablon dari instansi penyelenggara juga nama kegiatannya. Tas memiliki bentuk mungil dan kecil. Dari beberapa jenisnya ada tas yang lebih menyerupai domper handphone.

Tas Tangan
Tas Tangan

Tas ini juga ada yang berukuran lebih dari map, sehingga bisa mewadahi alat tulis kantor yang harus digunakan pada kegiatan seminar tersebut berlangsung. Tas ini memiliki tali yang pendek, sehingga biasanya cara membawanya adalah dijinjing. Tas tangan adalah salah satu jenis produk konveksi yang memberikan kesan casual dan simple.

3. Tas Laptop

Produk ini tidak jauh bentuknya dengan tas tangan. Biasanya tas laptop berwarna hitam dilengkapi dengan sablon yang menyertakan identitas penyelenggara juga nama kegiatannya. Tas ini bukan berarti memiliki fungsi untuk membawa laptop saja, namun peserta kegiatan bisa membawa barang lebih banyak ke dalam tas tersebut.

Tas Laptop
Tas Laptop

Tas jenis ini biasanya memiliki dua tali, fungsi tali pertama untuk dijinjing dan yang kedua adalah untuk di selendangkan. Tas ini akan memberikan kesan elegan untuk siapapun yang menggunakannya, karena tali disini akan membuat pemiliknya terlihat sibuk dan produktif. Tas ini sangat cocok digunakan dalam acara training, diklat, ataupun acara-acar kampus dan kantor.

4. Tas Ransel

Produk ini merupakan jenis tas yang bisa digendong oleh pemiliknya. Tas ini biasanya digunakan ketika acara seminar, diklat, pelatihan training, dan acara lainnya sama seperti halnya dengan tas laptop. Tas ransel juga memiliki fungsi yang beragam sehingga bisa membawa lebih banyak barang.

Tas ransel
Tas ransel

Tas ini juga memiliki fungsi untuk mempromosikan suatu instansi, sehingga akan tertera hasil sablon dengan nama suatu instant yang bisa terlihat. Tas ransel ini memiliki jenis bahan yang beragam sehingga bisa memprngaruhi harga perpcsnya. Tas ini tentunya akan memberikan kesan  menawan dan bisa gunakan sehari-hari untuk penggunanya.

5. Tas kit jinjing

Jenis tas ini paling banyak digunakan pada kegiatan seminar. Tas kit jinjing ini bias dibilang mirip goodie bag karena bentuknya hampir sama. Tas ini cukup untuk mewadahi alat tulis dan kelengkapan seminar. Biasanya ada pilihan untuk model tas ini ada yang menggunakan resleting ataupun tidak.

Tas Jinjing
Tas Jinjing

Harga tas ini pun cukup terjangkau dan tergolong murah perpcs nya. Tas ini bisa digunakan sebagai souvenir pada kegiatan apapun termasuk seminar ataupun promosi suatu instansi. Banyak pilihan warna yang bisa dipilih dari perusahaan konveksi tersebut. Biasanya warna tas ini tergantung kepada tema acara yang diselenggarakan.

6. Tas pensil

Jenis tas ini bisa digunakan sebagai souvenir kegiatan ataupun untuk promosi instansi. Fungsi dari tas ini adalah untuk mewadahi alat tulis dan ukurannya cenderung kecil serta memanjang. Pada bagian atas tas terdapat resleting untuk menghindari isinya supaya tidak berceceran keluar. Banyak jenis bahan dan model yang bisa dipilih untuk membuat tas pensil.

Tas Pensil
Tas Pensil

Tas pensil biasanya digunakan pada acara perlombaan mewarnai ataupun acara-acara kepelajaran lainnya. Namun tas ini juga masih bisa dijadikan sebagai souvenir kegiatan seminar karena terkesan praktis dan manis.

7. Tas selempang

Produk konveksi tas ini berbentuk memanjang dan memiliki tali yang panjang untuk di selendangkan pada bahu. Tas ini biasanya digunakan untuk souvenir suatu perlombaan olahraga ataupun kegiatan lainnya.

Tas Selempang
Tas Selempang

Tas selempang memiliki banyak variasi warna dan model yang bisa dipilih oleh kostumer. Harganya akan lebih mahal dari tas jinjing ataupun goodie bag, namun fungsinya masih tetap sama untuk mewadahi barang-barang ataupun souvenir kegiatan. Tas ini akan memberi kesan keren pada penggunanya dengan tali panjang yang dimilikinya.

8. Pounch (tas make up)

Produk ini biasanya berukuran kecil hampir mirip dengan tas pensil, namun ukurannya sedikit besar dan lebar sehingga bisa mewadahi beberapa jenis make up. Tas ini biasanya dijadikan souvenir kegiatan ataupun promosi suatu perusahaan make up. Pounch ataupun tas make up bisa digunakan sehari-hari dan bisa sangat bermanfaat untuk para wanita.

Tas Kosmetik
Tas Kosmetik

Produk ini pada konveksi tas memiliki banyak model serta pilihan warna. Selain itu bahan yang bisa digunakan juga beragam. Ada juga corak yang bisa dipilih untuk membuat tas make up tersebut. Sablon untuk tas makeup biasanya sangat simple, hanya menyertakan nama perusahaannya saja.

Bahan-Bahan Material Konveksi Tas

1. Bahan kanvas

Bahan kanvas adalah jenis kain hasil dari pabrik yang memiliki tekstur tebal juga kuat. Jenis bahan yang terkenalnya adalah kanvas lukis teksturnya agak kasar namun tebal dan kaku. Ada juga bahan yang lebih halus serta lembut dan tidak kaku adalah baby kanvas. Tas baby kanvas bernilai premium dibandingkan dengan jenis lukis yang kasar dan kaku.

Kanvas
Kanvas

Tas berbahan kanvas akan memberikan kesan fashionable dan stylish. Bahan kanvas juga bisa bertahan lama karena materialnya sangat kuat. Banyak masyarakat yang memilih menggunakan bahan kanvas karena kualitas yang terjamin dan bebas untuk berkreasi dengan tas dengan material tersebut.

2. Bahan polyster

bahan ini biasanya digunakan oleh konveksi tas. Bahan polyster jenis fabric biasanya yang sering digunakan untuk pembuatan tas laptop dan ransel. Bahan ini dikenal memiliki keunggulan karena tebal sehingga cocok untuk anda yang ingin memiliki tas yang tahan lama dan kuat. Type bahan yang lebih mahalnya adalah dolby yang merupakan jenis dari polyster fabric.

Polister
Polister

Harga dari bahan dolby diatas dari dinier karena biasanya digunakan untuk tas olahraga ataupun ransel. Tas berbahan dasar dolby akan terlihat mengkilap juga waterproof. Bahan ini juga terkenal tahan lama, cepat kering jika terkena air, juga tidak mudah kusut. Keunggulan selanjutnya yaitu bahan ini anti bakteri dan tahan air. Kelemahannya adalah bahan mudah terbakar.

3. Bahan blacu

Bahan blacu adalah kain yang terbuat dari kapas, berwarna putih, dan menghasilkan kain hasil tenunan yang apik. Biasanya kain ini menjadi bahan dasar untuk membuat batik. Kain ini juga merupakan turunan dari mori. Kain mori memiliki dua jenis variasi yaitu ada yang mengalami proses belaching atau pemutihan terlebih dahulu, dan ada yang tidak mengalami proses itu.

Blacu
Blacu

4. Bahan spunbound

Nah, jika anda sering memesan souvenir di konveksi tas maka material ini merupakan bahan dasarnya. Bahan spunbound biasanya dikenal dengan kain laken atau sebutan untuk material sisa yang telah di press. Bahan ini merupakan kain yang dibuat melalui proses kimia. Bahan ini memiliki keunggulan yaitu harganya yang murah dan juga sangat ramah lingkungan.

Spunbond
Spunbond

5. Bahan plastik

Bahan konveksi tas selanjutnya adalah plastik pasti sering anda temukan karena jenis material ini mampu bertahan lama dan sangat kuat. Alasannya adalah karena plastik adalah material yang sangat sulit diolah oleh fenomena alam, sehingga bisa bertahan lama bahkan sampai bertahun-tahun.

Bahan Mika atau Mika
Bahan Mika atau Mika

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *